Belajar PHP untuk Pemula


Squidoo Lens ini diperuntukkan untuk para programmer pemula yang ingin belajar bahasa pemrograman PHP. Di dalam lens ini akan dibahas tutorial, step by step, tips and trick dan semua hal yang dibutuhkan pada saat belajar PHP untuk pemula.
Insya allah akan di-update setiap kali ada hal yang perlu ditambahkan pada tutorial belajar PHP untuk pemula ini.

Salam.

Sejarah PHP dan Perkembangannya

Rasmus LerdorfSejarah PHP dan Perkembangannya - PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP bernama FI (Form Interpreted). Pada saat tersebut PHP adalah sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web.

Perkembangan selanjutnya adalah Rasmus melepaskan kode sumber tersebut dan menamakannya PHP/FI, pada saat tersebut kepanjangan dari PHP/FI adalah Personal Home Page/Form Interpreter. Dengan pelepasan kode sumber ini menjadi open source, maka banyak programmer yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP.

Pada November 1997, dirilis PHP/FI 2.0. Pada rilis ini interpreter sudah diimplementasikan dalam C. Dalam rilis ini disertakan juga modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan.

Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend, menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik dan lebih cepat. Kemudian pada Juni 1998 perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan nama rilis tersebut menjadi PHP 3.0.

Pada pertengahan tahun 1999, Zend merilis interpreter PHP baru dan rilis tersebut dikenal dengan PHP 4.0. PHP 4.0 adalah versi PHP yang paling banyak dipakai. Versi ini banyak dipakai sebab versi ini mampu dipakai untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan proses dan stabilitas yang tinggi.

Pada Juni 2004, Zend merilis PHP 5.0. Versi ini adalah versi mutakhir dari PHP. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Dalam versi ini juga dikenalkan model pemrograman berorientasi objek baru untuk menjawab perkembangan bahas pemrograman kearah pemrograman berorientasi objek.

PHP grup kini merilis versi PHP terbaru yaitu 5.1.6 [sumber: wikipedia]

Kelebihan PHP

Logo PHPKelebihan PHP antara lain:

  • Bahasa pemograman php adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya.
  • Web Server yang mendukung php dapat ditemukan dimana - mana dari mulai IIS sampai dengan apache, dengan configurasi yang relatif mudah.
  • Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis - milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
  • Dalam sisi pemahamanan, php adalah bahasa scripting yang paling mudah karena referensi yang banyak.
  • PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (linux, unix, windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.
  • PHP adalah termasuk bahasa embedded ( bisa diletakkan dalam tag HTML )
  • PHP diterbitkan secara gratis


Beberapa system database yang didukung oleh PHP adalah :
  1. Sybase
  2. mSql
  3. MySql
  4. Solid
  5. Generic ODBC
  6. Postgres Sql

Mengapa PHP?

Mengapa PHP?Mengapa PHP? mereka menggunakan PHP, yaa.. tentunya ada didalam keuntungan yang sudah kami sebutkan sebelumnya di atas tadi.

PHP banyak sekali digunakan untuk pengembangan web dinamis, dapat di katakan mayoritas pengembangan web didunia menggunakan PHP, misalnya saja web yang sudah melegenda beberapa tahun belakangan ini, yaitu facebook, friendster dan digg.

Web dinamis adalah sebuah web yang dapat melalukan update pada contentnya, didalamnya selalu terdapat CMS [Content Management System ] yaitu "ruang kendali" bagi pemilik website untuk melakukan update, biasanya jika ingin masuk ke dalam CMS ini user atau sang pemilik harus memberikan password agar "ruang kendali" bebas dari tangan - tangan yang tidak bertanggung jawab.

Beberapa pihak pengembang web selalu memberikan CMS didalam web dinamis, jadi Anda pun tidak perlu bingung lagi untuk melakukan update pada web pribadi Anda. Kami akan memberikan salah satu contoh dari fungsi CMS, jika web Anda mempunyai kolom berita atau news, maka Anda tidak perlu lagi masuk ke dalam source code yang memusingkan kepala dan merepotkan, Anda hanya perlu masuk ke CMS dan pilih menu utuk melakukan perubahan content tersebut. Didalam CMS sendiri terdapat menu untuk menambah , merubah serta menghapus data.

Yaa.. kini dot php sudah sudah Anda pahami, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan rencana anda membangun web dinamis yang penuh dengan content, kami dengan senang hati akan membantu Anda dan memberikan konsultasi yang terbaik untuk Anda. [ sumber : wikipedia ]

Persiapan belajar PHP

Apache, PHP, MySQLSebelum memulai pelajaran ini berikut persiapan belajar PHP yang harus kita lakukan. Seperti mau bikin prakarya aja...

  1. Komputer dengan OS Windows. Sesungguhnya PHP bisa jalan di plaform OS apa saja. Tapi pada tutorial ini saya akan menggunakan OS Windows

  2. Web Server dan database server. Untuk webserver dan webserver saya akan menggunakan paket instalasi yang sudah lengkap untuk memudahkan belajar kita nantinya.
    Alternatif yang bisa digunakan adalah XAMPP, AppServ, Apache2Triad dan lain-lain. Daftar lengkap WAMP (windows, apache, MySQL dan PHP) bisa merujuk di list wampp berikut ini: list lengkap WAMPP
    Untuk ini pilihan saya jatuh pada XAMPP

  3. Text Editor untuk membuat script PHP. Kita bisa menggunakan notepad, notepad++, dreamweaver, scite, ultra edit, PSPad editor, eclipse atau lainnya. Untuk pelajaran kali ini, saya memilih PSPad editor, karena PSPad editor punya fitur yang saya suka yaitu pengelompokan fuction PHP dalam bentuk tree

  4. Web Browser. Bebas juga, tp sebaiknya gunakan Firefox, karena tidak memakan resource PC Anda, soalnya PC anda sudah dibebani dengan Web Server dan Database Server


Apabila belum mempunyai software tersebut di atas bisa mendownload di daftar berikut ini:

  1. Windows XP:
    have no idea, silahkan beli versi originalnya.

  2. XAMPP:
    Silahkan download di sini http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html dan pilih versi windowsnya.

  3. PSPad: http://www.pspad.com/en/download.php dan pilih download installernya.

  4. Firefox: http://www.getfirefox.net/

Diposting oleh Unknown

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2010 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2010 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2010 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. Provided By Free Website Templates | Freethemes4all.com
Free Website templatesFree Flash TemplatesFree joomla templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates